Fidel Tahun-Tahun Awalku

Fidel Castro adalah pria dengan jalan pemikiran yang teguh dan ilusi-ilusi yang tak pernah terpuaskan. Ia dididik dengan pendidikan formal gaya lama, penuh ungkapan kewaspadaan dan cara-cara bersahaja dan tak mungkin ditiru dalam memahami gagasan-gagasannya yang tak biasa. – Gabriel Garcia Marquez

Di usia senjanya, Fidel Castro, salah seorang tokoh paling kontroversial sepanjang abad, merefleksikan masa kanak-kanaknya, masa mudanya, dan aktivitasnya sebagai mahasiswa. Dalam kumpulan tulisan yang belum pernah diterbitkan dan luar biasa ini, pemimpin Kuba itu mengungkapkan latar belakang keluarganya, pendidikannya di sekolah-sekolah elite Katolik serta pengaruh religius dan moral yang mengarahkannya terlibat dalam politik sejak usia dini.

Sketsa otobiografis ini memperbarui bahasan yang diterbitkan sebelumnya, menggambarkan hari-hari seorang mahasiswa muda sebagai pemberontak di Universitas Havana, pemikiran-pemikiran awalnya ihwal perjuangan bersenjata, perjalanannya di Amerika Latin sebagai organistor mahasiswa internasional, keikutsertaannya dalam pemberontakan rakyat 1984 di Kolombia, serta pengalamannya sebagai pengacara muda dan aktivis politik.