Apa itu energi terbarukan dan tidak terbarukan?

Jenis energi

Ada dua jenis energi: terbarukan dan tidak terbarukan.

Energi tak terbarukan termasuk batubara, gas dan minyak. Sebagian besar mobil, kereta api, dan pesawat terbang menggunakan energi tak terbarukan. Mereka dibuat dengan membakar bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi.

Energi terbarukan meliputi energi matahari, air, dan angin. Energi angin dibuat saat angin menggerakkan bilah di turbin angin. Gerakan ini menciptakan energi angin yang diubah menjadi energi listrik.

Sumber daya planet kita yang terbatas dan kecepatan kita mengurasnya telah menimbulkan banyak perdebatan tentang penggunaan kekayaan alam secara efisien, serta jenis sumber daya yang harus kita pilih untuk meminimalkan dampak yang kita hadapi. planet kita.

Perbedaan utama dalam hal sumber daya yang kami miliki adalah apakah mereka dapat diperbarui atau tidak dapat diperbarui. Jadi, apa sebenarnya sumber daya terbarukan dan tak terbarukan itu?

Sumber daya terbarukan adalah sumber daya yang diisi ulang secara alami seiring berjalannya waktu. Penggunaan sumber daya ini sesuai dengan prinsip keberlanjutan, karena laju konsumsi kami tidak memengaruhi ketersediaannya dalam jangka panjang. Sumber daya terbarukan adalah energi matahari, energi angin, energi panas bumi, biofuel, tanaman budidaya, biomassa, udara, air dan tanah.

Sebaliknya, sumber daya tak terbarukan adalah sumber daya yang tersedia bagi kita dalam jumlah terbatas, atau yang diperbarui sangat lambat sehingga tingkat konsumsi mereka terlalu cepat. Ini berarti stok mereka semakin menipis sebelum mereka dapat mengisi kembali secara alami. Sumber daya tak terbarukan adalah batu bara, minyak, uranium, emas, aluminium, pasir.

Sumber energi terbarukan yang paling populer saat ini adalah:

  1. Energi matahari
  2. Energi angin
  3. Energi hidro
  4. Energi pasang surut
  5. Energi panas bumi
  6. Energi biomassa

Bagaimana jenis energi terbarukan ini bekerja

1) Energi matahari

Sinar matahari adalah salah satu sumber energi planet kita yang paling melimpah dan tersedia secara bebas. Jumlah energi matahari yang mencapai permukaan bumi dalam satu jam lebih banyak dari total kebutuhan energi planet selama satu tahun penuh. Meskipun kedengarannya seperti sumber energi terbarukan yang sempurna, jumlah energi matahari yang dapat kita gunakan bervariasi sesuai dengan waktu dan musim dalam setahun serta lokasi geografis. Di Inggris, energi matahari menjadi cara yang semakin populer untuk menambah penggunaan energi Anda. Cari tahu apakah itu tepat untuk Anda dengan membaca panduan kami  untuk tenaga surya .

2) Energi angin

Angin adalah sumber energi bersih yang berlimpah. Ladang angin adalah pemandangan yang semakin akrab di Inggris dengan tenaga angin memberikan kontribusi yang terus meningkat untuk Jaringan Nasional. Untuk memanfaatkan listrik dari energi angin, turbin digunakan untuk menggerakkan generator yang kemudian mengalirkan listrik ke Jaringan Nasional. Meskipun sistem pembangkit domestik atau ‘off-grid’ tersedia, tidak setiap properti cocok untuk turbin angin domestik. Cari tahu lebih lanjut tentang energi angin di halaman tenaga angin kami.

3) Energi hidro

Sebagai sumber energi terbarukan, tenaga air adalah salah satu yang paling banyak dikembangkan secara komersial. Dengan membangun bendungan atau penghalang, waduk besar dapat digunakan untuk membuat aliran air terkontrol yang akan menggerakkan turbin, menghasilkan listrik. Sumber energi ini seringkali lebih dapat diandalkan daripada tenaga surya atau angin (terutama jika pasang surut daripada sungai) dan juga memungkinkan listrik disimpan untuk digunakan saat permintaan mencapai puncaknya. Seperti energi angin, dalam situasi tertentu hidro dapat lebih layak sebagai sumber energi komersial (bergantung pada jenis dan dibandingkan dengan sumber energi lain) tetapi sangat bergantung pada jenis properti, hidro dapat digunakan untuk rumah tangga, ‘off-grid ‘generasi. Cari tahu lebih lanjut dengan mengunjungi halaman pembangkit listrik .

4) Energi pasang surut

Ini adalah bentuk lain dari energi hidro yang menggunakan arus pasang surut dua kali sehari untuk menggerakkan generator turbin. Meskipun aliran pasang surut tidak seperti beberapa sumber energi air lainnya tidak konstan, aliran ini sangat dapat diprediksi dan oleh karena itu dapat mengimbangi periode ketika arus pasang rendah. Cari tahu lebih lanjut dengan mengunjungi halaman energi laut kami.

5) Energi panas bumi

Dengan memanfaatkan panas alami di bawah permukaan bumi, energi panas bumi dapat digunakan untuk menghangatkan rumah secara langsung atau untuk menghasilkan listrik. Meskipun memanfaatkan kekuatan langsung di bawah kaki kita, energi panas bumi tidak terlalu penting di Inggris dibandingkan dengan negara-negara seperti Islandia, di mana panas bumi lebih banyak tersedia secara bebas.

6) Energi Biomassa

Ini adalah konversi bahan bakar padat yang terbuat dari bahan tanaman menjadi listrik. Meskipun pada dasarnya, biomassa melibatkan pembakaran bahan organik untuk menghasilkan listrik, dan sekarang ini adalah proses yang jauh lebih bersih dan lebih hemat energi. Dengan mengubah limbah pertanian, industri, dan domestik menjadi bahan bakar padat, cair, dan gas, biomassa menghasilkan listrik dengan biaya ekonomi dan lingkungan yang jauh lebih rendah.

Apa yang bukan sumber energi terbarukan?

Bahan bakar fosil bukanlah sumber energi terbarukan karena jumlahnya tidak terbatas. Ditambah, mereka melepaskan karbon dioksida ke atmosfer kita yang berkontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global.

Membakar kayu sebagai pengganti batu bara sedikit lebih baik tetapi rumit. Di satu sisi, kayu merupakan sumber daya terbarukan – asalkan berasal dari hutan yang dikelola secara lestari. Pelet kayu dan briket terkompresi dibuat dari produk sampingan industri pengolahan kayu dan bisa dibilang mendaur ulang limbah.

Bahan bakar biomassa terkompresi juga menghasilkan lebih banyak energi daripada kayu bulat. Di sisi lain, pembakaran kayu (baik itu kayu mentah atau limbah olahan) melepaskan partikel ke atmosfer kita.