Amankah Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Berat

Amankah menggunakan jasa pengiriman barang berat – Mengirim barang berat atau kargo, baik antar kota ataupun lintas provinsi sekarang ini sudah tidak sulit lagi. Ada sangat banyak layanan jasa pengiriman barang yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tetapi, amankah menggunakan jasa pengiriman barang berat ini? Mengingat barang yang dikirim terdiri dari berbagai produk yang tak jarang memerlukan perhatian ekstra dalam proses pengirimannya.

Oleh karena itu kita tidak bisa asal dalam memilih layanan jasa pengirim barang berat. Perlu adanya beberapa pertimbangan agar tidak salah pilih. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips seputar memilih layanan jasa pengiriman barang berat dan bagaimana cara agar barang Anda diperlakukan dengan baik, berikut ulasan lengkapnya.

Memilih Layanan Jasa Pengiriman Barang Berat

Jasa pengiriman barang berat
Jasa pengiriman barang berat
  1. Asuransi dan Keamanan

Hal utama yang perlu Anda pastikan dalam setiap mengirim barang adalah keamanan dan klaim asuransi atas barang yang dikirim. Jika Anda ingin memilih layanan jasa pengiriman, maka pastikan jasa tersebut menjamin keamanan barang Anda. Karena beberapa jasa pengiriman terkadang memiliki prosedur yang tidak menguntungkan pelanggan sehingga klaim barang yang hilang atau rusak selalu dipersulit.

Jadi pastikan Anda sudah mengetahui apa saja prosedur klaim barang apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian Anda pun bisa terbebas dari risiko kerusakan barang karena pihak layanan jasa pengiriman juga pasti akan lebih berhati-hati dalam proses pengirimannya.

  1. Ketepatan Waktu

Seperti pada umumnya, setiap layanan jasa pengiriman barang pasti memiliki beberapa pilihan waktu untuk mengirim barang. Jika Anda memilih estimasi waktu 3-4 hari kerja, maka seharusnya pihak ekspedisi harus benar-benar bisa memenuhi janji tersebut. Dan hal inilah yang harus Anda pastikan karena tak jarang beberapa ekspedisi menahan barang pelanggan dan tidak segera dikirim sehingga pengiriman pun menjadi terlambat.

Keterlambatan dalam pengiriman tentu saja berpengaruh pada kenyamanan pelanggan. Terlebih jika barang tersebut merupakan barang yang dijual kepada konsumen, tentu akan timbul komplain karena barang yang tidak kunjung tiba. Sehingga menjadi tugas Anda untuk kemudian memilih layanan jasa ekspedisi yang terpercaya dan tepat waktu.

  1. Fitur Tracking

Jika Anda ingin mengirim barang, maka fitur tracking adalah hal yang tidak kalah penting untuk selalu bisa diakses. Karena kita juga perlu mengetahui sudah sejauh mana proses pengiriman tersebut. Ini akan bermanfaat bagi pelanggan untuk bersiap-siap menerima paket jika sudah berada di lokasi tujuan dan siap kirim ke rumah penerima.

Selain itu ini juga bisa menjadi bukti bahwa Anda telah mengirim barang secepat mungkin. Dan apabila ada keterlambatan, maka bukan salah Anda melainkan ada faktor lain dari pihak ekspedisinya.

Tips Agar Barang atau Paket Sampai dengan Selamat

Tips Agar Barang
Tips Agar Barang

Setelah Anda mantap menentukan pilihan ekspedisi untuk mengirim barang, maka Anda juga harus bisa memastikan pihak ekspedisi cukup jelas dalam menerima informasi dari Anda. Jika tidak, bisa saja terjadi miss komunikasi dan akhirnya timbul kesalahan dalam proses pengiriman yang bisa saja membahayakan kondisi barang. Dan untuk itu berikut ini sudah kami rangkum beberapa tips agar barang Anda diperlakukan dengan baik:

  1. Berikan keterangan lengkap terkait barang yang Anda kirimkan. Hal ini bertujuan agar pihak ekspedisi mengetahui apakah barang tersebut adalah barang pecah belah, elektronik, atau barang lainnya yang membutuhkan penanganan ekstra hati-hati.
  2. Menggunakan buble warp untuk memberi keamanan ekstra agar barang tetap utuh walau tidak sengaja terbentur dengan benda keras.
  3. Berikan cukup banyak tanda pecah belah, seperti misalnya tulisan berwarna cerah, stiker, atau lain sebagainya untuk menandakan bahwa barang tersebut tidak bisa dilempar-lempar karena berisiko mengalami kerusakan.
  4. Menambahkan packing kayu sebagai langkah akhir untuk mengamankan barang. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengirim barang-barang elektronik yang memang berisiko mengalami kerusakan bila tidak diperlakukan dengan hati-hati.

Demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami bagikan kepada Anda. Jadi, jika ada yang bertanya amankah menggunakan jasa pengiriman barang berat ini? tentu saja sangat aman asalkan Anda memilih jasa layanan pengiriman barang berat yang terpercaya. Seperti misalnya ALK Logistik yang memiliki kredibilitas tinggi dalam usaha jasa pengiriman barang berat.

Close Menu