Globalisasi Budaya

Menonton siaran berita CNN, mengambil studi di luar negeri, melakukan perjalanan jauh, mengapresiasi secara lokal seniman-seniman yang berkarya dan berpameran di seluruh dunia, menonton sepakbola Piala Dunia, semuanya adalah praktik-praktik budaya yang umum saat ini.

Praktik-praktik tersebut merupakan ekspresi dari globalisasi yang kian meluas pada abad XIX. Dunia Baru ini hasil dari sebuah globalisasi yang resah. Beberapa pihak menuduh Coca-kolonisasi dunia atau lahirnya sebuah dunia Mc yang menggabungkan McDonald dan McIntosh (Apple), sementara yang lain menuding sejumlah fenomena berakhirnya identitas yang dihasilkan globalisasi. Ada pula yang mengagung-agungkan dunia yang sedang dalam proses persilangan ini.
Buku ini mengajak pembaca untuk memahami asal usul dan mekanisme sirkulasi lalu lintas budaya akhir-akhir ini. Tulisan ini terutama mempertanyakan sejumlah penafsiran terhadap fenomena tersebut: apakah ini tentang konvergensi budaya? imperialisme? benturan antarperadaban, atau hibridisasi dan glokalisasi?