Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Berada di Fasilitas Logistik

Dalam menjalankan jasa layanan pengiriman barang tentunya tidak terlepas dari peran gudang yang fungsinya sangat penting, yaitu sebagai tempat penyimpanan barang. Didalam konstruksi sebuah gudang dan fasilitas logistik lainnya, terutama pada bagian lantai, kita sering melihat ada pita berwarna atau penanda lantai yang melintang di dalam maupun di area luar. Tahukan anda jika warna pada pita ini memiliki arti masing masing?

Tidak semua gudang memiliki penanda lantai

iron and steel material storage
gudang besi

hal ini berkaitan dengan kegiatan operasional di dalam gudang tersebut. Jika sebuah gudang memiliki penanda lantai, maka dapat dipastikan di dalam gudang tersebut terdapat lebih dari dua jenis lalu lintas. Penanda lantai ini difungsikan sebagai jalur lalu lintas yang dapat membuat pengendara transportasi dalam gudang sadar akan bahaya keselamatan. Selain berfungsi sebagai peringatan, penanda lantai juga digunakan untuk menandai area-area di gudang. Berikut adalah informasi penempatan dan panduan warna penanda lantai, label, dan tanda-tanda penting lainnya yang terdapat dalam gudang dan fasilitas-fasilitas yang lain .

Penerapan penanda lantai :

  1. Pita ungu : dalah penanda untuk lokasi barang jadi
  1. Pita putih : Untuk ruang penyimpanan
  1. Pita biru : menandakan area organisasi
  1. Pita yang di cetak : adalah penanda lalu lintas
  1. Pita putih : rea kerja
  1. Pita hijau : bagian organisasi
  1. Pita hitam : bagian organisasi
  1. Pita kuning : penyimpanan palet dan rak
  1. Garis merah dan putih : keep clear area atau tanda berhenti untuk lalu lintas
  1. Garis hitam dan kuning : area berbahaya
  1. Pita kuning : arus lalu lintas
  1. Garis hitam dan putih : keep clear area
  1. Garis hitam dan kuning : area listrik
  1. Pita hijau : area keselamatan
  1. Footprint cutouts, dan
  2. Penanda glow-in-the-dark

Perhatikan label penting

Selain macam-macam garis tersebut, dalam pengaplikasian penanda lantai juga menggunakan label tertentu yang sudah sangat umum digunakan dalam tata kelola gudang, tidak hanya di lantai, namun bisa juga diaplikasikan pada dinding sebagai penanda untuk tempat-tempat tertentu, berikut adalah berbagai macam label yang biasa ditemukan di daerah gudang.

  1. Label keamanan jika ada kebakaran
  2. Label Pintu darurat
  3. Label bilas mata darurat
  4. Tanda identifikasi dock
  5. Tanda kemanan forklift
  6. Label rak-rak
  7. Lokasi persediaan berlabel
  8. Label rak dan sampah

Kode warna

Meskipun tidak ada persyaratan khusus untuk warna di penanda lantai tertentu, berikut adalah panduan kode warna yang populer di banyak fasilitas, seperti gudang.

KUNING

Saat digunakan untuk tujuan keamanan, tunjukan kehati-hatian. Untuk organisai, digunakan untuk jalur pejalan kaki, jalur kendaraan, lorong, area kerja, dan area penyimpanan.

PUTIH

Sering digunakan untuk tujuan umum, seperti garis besar di sekitar peralatan atau rak penyimpanan.

MERAH

Untuk tujuan keamanan, digunakan sebagai indikator bahaya. Untuk tujuan organisasi, digunakan untuk menandai batas area produk cacat atau area material bekas.

ORANGE

Jika dihunakan untuk tujuan keamanan, warna orange digunakan untuk menunjukan tingkat kehati-hatian yang lebih tinggi dari pada warna kuning. Jika digunakan untuk organisasi, warna orange digunakan untuk menunjukan bahan atau produk untuk diinspeksi

HITAM/HIJAU/BIRU/UNGU

Berbagai warna dapat digunakan untuk tujuan organisasi, seperti menunjukan bahan baku, bahan dalam tahapan proses, atau barang jadi.

STRIPE HITAM/KUNING

Warna ini jika digunakan untuk tujuan keamanan, menunjukan kehati-hatian. Jika digunakan untuk organisasi digunkan untuk jalur pejalan kaki, jalur kendaraan, lorong, area kerja, dan area penyimpanan.

STRIPE HITAM/PUTIH

Sering digunkan untuk tujuan umum, seperti garis besar disekitar peralatan atau rak penyimpanan.

STRIPE MERAH/PUTIH

Sering digunakan untuk menunjukan area yang harus dijaga tetap bersih untuk alasan keamanan (seperti di sekitar peralatan berbahaya atau panel listrik)

Jika anda memiliki berkesempatan mengunjungi berbagai fasilitas seperti gudang atau pabrik, anda sebaiknya memperhatikan penanda lantai, label, maupun tanda yang lain, karena di tempat-tempat tersebut rawan terjadi kecelakaan jika anda tidak berhati-hati. ALK logistik, adalah salah satu perusahaan jasa penyedia layanan pengiriman barang yang berpusat di surabaya dan jakarta.

Dengan pengetahuan dan pengalaman dalam melayani jasa pengiriman barang, kami akan menjamin proses pengiriman barang Anda akan aman, selamat dan utuh sampai tujuan. Harga yang kami tawarkan juga relatif murah dan kami siap melayani jasa pengiriman barang keseluruh penjuru Indonesia.

Close Menu