Jenis Kendaraan yang Digunakan dalam Jasa Pengiriman Barang

Jenis kendaraan yang digunakan dalam jasa pengiriman barang – Ingin mengirim barang dari satu pulau ke pulau lainnya kini sudah tak sesulit dulu. Jika dulu kita harus mengirim itu seorang diri dengan mengendarai kendaraan pribadi, maka sekarang kita sudah bisa menggunakan jasa pengiriman barang yang tersedia di berbagai daerah.

Jenis kendaraan yang digunakan dalam jasa pengiriman barang pun sangat beragam. Mulai dari kendaraan pick up hingga truk fuso untuk jalur darat dan pesawat atau kapal laut untuk jalur udara dan laut. Dan jika Anda berencana untuk mengirim barang, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi kelancaran proses ekspedisi. Lebih lengkapnya langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Kendaraan Pengiriman Kargo dan Tarifnya

Jenis kendaraan yang digunakan dalam jasa pengiriman barang
Jenis kendaraan yang digunakan dalam jasa pengiriman barang

Dalam mengirim barang berat atau kargo, umumnya kita akan menggunakan kendaraan yang besar. Dan apabila pengiriman tidak memungkinkan ditempuh lewat jalur darat, pihak ekspedisi akan mengirimnya melalui jalur laut atau udara. Hal ini yang membuat pengiriman kargo memiliki tarif lebih mahal daripada pengiriman barang biasa.

Penghitungan harga barang ini juga tidak bisa didasari dengan hitungan bobot saja, melainkan ada hitungan berdasarkan kubikasi volume suatu barang. Jika barang yang Anda kirim berukuran besar, maka untuk menentukan tarifnya akan digunakan dua cara, yaitu menghitung secara real bobot barang tersebut dan cara kedua yaitu mengukur volume barang.

Setelah itu akan dibandingkan, hitungan mana yang memiliki tarif paling tinggi untuk kemudian dibebankan sebagai ongkos kirim.

Kendaraan Pengiriman untuk Pindahan Barang

Selain mengirim paket, layanan jasa ekspedisi juga ada yang menyediakan layanan pindahan barang. Layanan ini bisa dimanfaatkan untuk membantu pelanggan yang ingin memindahkan barang dalam jumlah besar dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Seperti misalnya pindahan rumah, pindahan kantor, dan lain sebagainya.

jasa pengiriman barang
jasa pengiriman barang

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, maka ada beberapa jenis kendaraan yang bisa dipilih, diantaranya yaitu pick up dan truk. Pastinya setiap jenis kendaraan memiliki harga yang berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tips Mengirim Barang Berat

Jasa Pengiriman Barang Termurah
Jasa Pengiriman Barang Termurah

Mengirim barang berat berukuran besar tentu lebih berisiko daripada mengirim barang yang kecil. Terlebih jika barang berat tersebut merupakan barang elektronik atau pecah belah yang mana tingkat resiko kerusakannya semakin tinggi. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin mengirim barang berat, kami sudah sediakan beberapa tips yang bisa dilakukan demi kelancaran pengiriman, yaitu sebagai berikut:

  1. Stiker Pecah Belah

Jika barang yang Anda kirim memiliki resiko kerusakan bila dibanting, maka tempelkan stiker pecah belah dan tulisan peringatan lainnya agar barang tersebut tidak dijatuhkan atau dilempar sembarangan.

Hal ini juga biasanya menjadi standar prosedur untuk klaim kerusakan barang karena jika Anda tidak mengkomunikasikannya terlebih dahulu, maka tim ekspedisi tidak akan mau bertanggungjawab atas kerusakan yang ada akibat ketidaksengajaan saat proses pengiriman barang.

  1. Menambahkan Bubble Wrap

Untuk menghindari benturan secara langsung, Anda bisa menambahkan bubble wrap untuk barang yang akan dikirim. Berikan bubble wrap di bagian dalam kardus paket agar nantinya barang-barang tersebut tidak langsung terbentur saat dipindahkan oleh kurir sepanjang perjalanan.

  1. Ekstra Packing Kayu

Selain menambahkan bubble wrap, untuk pengiriman barang elektronik dalam jumlah besar juga akan lebih aman jika Anda tambahkan packing kayu. Packing ini memang akan membuat tarif pengiriman jadi lebih besar karena bobot dan volume barang bertambah. Akan tetapi hal ini sangat perlu dilakukan, mengingat resiko kerusakan barang yang jauh lebih mahal harganya daripada packing kayu dan biaya tambahan lainnya.

  1. Jangan Asal Pilih Jasa Ekspedisi

Walaupun barang Anda sudah dipacking dengan rapih dan aman, namun ada hal penting yang tidak boleh terlewatkan, yaitu memilih jasa ekspedisi terbaik agar barang Anda mendapat jaminan keamanan yang baik.

Pilihlah jasa ekspedisi yang memberi jaminan keamanan terhadap barang yang dikirim. Seperti halnya ALK Logistik yang kini sudah terpercaya karena telah berhasil melayani seluruh pelanggan dari berbagai daerah. ALK logistik juga melayani berbagai bentuk pengiriman, baik itu barang-barang kecil maupun barang besar dan berat.

Nah, demikianlah ulasan seputar beberapa jenis kendaraan yang digunakan dalam jasa pengiriman barang dan tips yang bisa Anda lakukan sebelum mengirim barang. Semoga bermanfaat!

Close Menu