KARNAVAL PERLAWANAN : Kabar dari Garis Depan Protes Anti-Kapitalisme Global

Melanjutkan buku No Logo yang telah dianggap sebagai kitab suci gerakan antikapitalis, Naomi Klein kembali memberikan laporan sekaligus analisa atas gerakangerakan anti-globalisasi dengan terjun langsung dalam protes-protes tersebut. Menurutnya, gerakan-gerakan iu sebenarnya tidak menentang gagasan globalisasi iu sendiri. Yang menjadi soal, globalisasi telah diarahkan dan didorong demi kepentingan ekspansi kapita. Padahal privatisasi dan perdagangan bebas telah gagal menghasilkan negara-negara yang bebas dan demokratis, bahkan justru makin memperparah ketimpangan antara orang miskin dengan orang kaya.

Belajar dari pengalaman dan terbentuk dalam kondisi yang berbeda, karakter gerakan-gerakan iu berbeda dengan gerakan-gerakan Marxis lama. Gerakangerakan “anti globalisasi mengusung isu-isu yang sangat beragam dan menerapkan strategi-strategi gerakan yang juga beragam, tanpa struktur, hirarki, dan kepemimpinan yang jelas, tapi berjejaring satu sama lain. Model gerakan semacam ini menjadikannya lebih sulit dihancurkan penguasa, tapi tak kurang mengandung kelemahan juga.

Buku ini penting dibaca karena menggambarkan bagaimana fundamentalisme ekonomi menjadi kebijakan dominan, bagaimana perlawanan dikriminalisasi, dan dampak menghancurkan dari perdagangan bebas. Klein memetakan perlawananperlawanan yang muncul, dan membandingkannya dengan gerakan-gerakan sebelumnya. Klein juga tidak sekedar menunjukkan kekuatan dan kelemahan gerakan-gerakan “anti globalisasi”, melainkan juga menyarankan orientasi dan agenda perlawanan baru di hadapan tirani korporasi-korporasi besar dan lembagalembaga supra-nasional.