Pendidikan Alat Perlawanan : Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire

Sudah biayanya mahal, mutunya kacau pula Repot-repot kuliah, sebenarnya kamu cari apa, sih? Pasti cari ijasah!

Barangkali muncul jawaban lain-lain, tapi sudah barang tentu ijasah yang memaksamu bertahan. Bertahan di bangku kuliah, diomeli dosen, kutak-kutek skripsi, dan ngurus perpanjangan studi.

Bagi sebagian besar kita, pendidikan adalah jalan menuju ijasah, prestise, dan kerja. Padahal, Freire tak bosan-bosannya mengingatkan yang lebih penting: bahwa pendidikan adalah alat perlawanan! Karena hakikat pendidikan ialah membebaskan manusia. Pendidikan harus mengambil posisi kritis terhadap tatanan sosial yang tak berkeadilan.

Di mata Mansour Fakih, Paulo Freire adalah tokoh pendidikan yang penuh misteri. Banyak mitos menyelimuti pemikirannya. Jargon dan istilah yang dipakainya lebih ngetrend ketimbang praksis pendidikan yang ditawarkannya. Untuk itulah buku ini hadir. Penulisnya menelusuri seluk-beluk pemikiran Freire hingga akar-akarnya, untuk membuktikan bahwa penindasan dan manipulasi kuasa telah merusak hakikat manusia yang bebas dan berkesadaran. Sebuah usaha yang masih langka dalam literatur Indonesia tentang Freire.