Tips Menghitung Tarif Jasa Pengiriman Barang

Tips menghitung tarif jasa pengiriman barang – Layanan jasa pengiriman barang adalah salah satu yang paling dibutuhkan saat ini. Hal ini terkait dengan gaya hidup masyarakat modern yang mana sudah tidak lagi terbatas oleh tempat. Ya, semuanya bisa dilakukan dengan mengandalkan jaringan internet, tak terkecuali dengan transaksi atau jual beli online.

Dengan sistem jual beli online yang bisa dilakukan dimanapun dan oleh siapapun, maka kehadiran layanan jasa pengiriman barang adalah jawaban atas kebutuhan itu. Sekarang kita bisa mengirim barang sampai tujuan hanya dengan mengandalkan jasa pengiriman barang. Untuk itu kita juga perlu memahami layanan jasa pengiriman barang ini agar tetap mampu dimaksimalkan, baik dari segi harga jasa maupun ketepatan waktunya.

Dan untuk itu pada ulasan kali ini akan kami hadirkan beberapa informasi tentang tips menghitung tarif jasa pengiriman barang dan tips memilih layanan jasa yang paling sesuai dengan kebutuhan. Berikut ulasan lengkapnya.

 Cara Menghitung Tarif Jasa Pengiriman Barang

 Jasa Pengiriman Barang
Jasa Pengiriman Barang

Beberapa orang masih ada yang belum memahami bahwa dalam pengiriman barang, ada dua cara yang umumnya dilakukan untuk mengetahui besaran bobot barang dan ongkos kirimnya. Yang pertama adalah dengan cara menimbang bobot barang secara langsung. Namun hal ini tidak lagi berlaku apabila bobot barang terlalu ringan namun barang tersebut memiliki ukuran volume yang besar.

Oleh karena itu digunakan cara hitung yang kedua, yaitu hitungan volume barang. Untuk hitungan yang ini maka akan digunakan rumus perhitungan volume sebagai berikut:

“Panjang X Lebar X Tinggi : 4000”

Sebagai contohnya, Anda ingin mengirim sebuah barang dalam kardus yang beratnya hanya 2kg. Namun di sisi lain ukuran kardus tersebut sangatlah besar sehingga akan digunakan cara hitung yang kedua, yaitu ukuran volume barang.

P X L X T : 4000

50 x 50 x 50 : 4000 + 31,25kg

Dari hitungan di atas, apabila kardus yang Anda gunakan memiliki ukuran panjang sebesar 50cm, lebar sebesar 50cm, dan tinggi 50cm, maka barang tersebut akan dihitung memiliki bobot 31,25kg. Walaupun benda didalamnya sangatlah ringan, hanya 2kg.

Tetapi tetap saja pihak layanan jasa pengiriman barang akan menghitung bobot menggunakan ukuran volume karena nantinya dalam perjalanan, barang tersebut akan memakan tempat yang cukup besar dan hal ini akan mengurangi kapasitas muatan moda transportasi yang digunakan.

Jadi, apabila Anda ingin mengirim barang, maka pastikan kemasan barang tersebut tidak terlalu besar. Dengan demikian Anda bisa lebih menghemat tarif pengiriman yang hanya ditentukan dari bobot murni sebuah barang.

Tips Memilih Layanan Jasa Pengiriman Barang yang Sesuai dengan Kebutuhan

tips memilih tarif jasa pengiriman barang
tips memilih tarif jasa pengiriman barang

Dalam memilih layanan jasa pengiriman barang, kita tidak bisa asal dan hanya mengandalkan promosi semata. Diperlukan adanya kejelian dan pemahaman atas layanan jasa yang kita pakai. Jangan sampai nantinya dikemudian hari komplain dan menyesal hanya karena kesalahan informasi atas prosedur yang sudah disepakati bersama. Dan di bawah ini akan kami hadirkan beberapa tips memilih layanan jasa pengiriman barang, yaitu sebagai berikut:

  1. Tarif dan Estimasi Waktu

Setiap layanan jasa pengiriman barang memiliki tarif yang disesuaikan dengan estimasi waktu. Semakin cepat barang tersebut sampai di tujuan, maka akan semakin mahal tarif pengiriman yang harus dibayarkan. Dan di sinilah tugas Anda untuk memahami tarif dan estimasi waktu. Anda bisa membandingkan antara satu layanan jasa dengan lainnya dan melihat, tarif mana yang paling murah dan paling memungkinkan untuk diajak kerja sama.

  1. Jangkauan Pengiriman

Jika Anda terbiasa dengan jual beli online, maka tak heran jika nantinya menemui pembeli dari daerah yang sangat jauh. Oleh karena itu, kita sebaiknya memilih layanan jasa pengiriman barang yang dapat mengirim ke seluruh daerah.

  1. Keamanan yang Ditawarkan

Kepercayaan adalah salah satu kunci dari terbentuknya sebuah perusahaan yang dapat dipercaya untuk menjaga kondisi setiap barang yang dikirimkan. Selain itu, dalam setiap pengiriman, ada pihak ALK Logistik yang sudah terbukti aman karena seluruh kerugian dapat diklaim melalui asuransi.

Nah, itulah beberapa ulasan singkat yang bisa kami berikan seputar tips menghitung tarif jasa pengiriman barang. Semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi atas perbedaan tarif bobot barang dan tarif volume barang.

Close Menu