Categories
Filsafat & Agama

AL-QURAN YANG MENAKJUBKAN: Bacaan Terpilih dalam Tafsir Klasik hingga Modern dari seorang Ilmuan Katolik

Al-Quran adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Di samping dimaksudkan sebagai petunjuk, al-Quran juga menjadi bukti kenabian Muhammad saw. Sebagai kitab Allah, al-Quran memiliki aneka keistimewaan (mukjizat) yang sekaligus menegaskan bahwa ia bukanlah ciptaan manusia sebagaimana yang sering dituduhkan oleh musuh-musuh Islam.

Aneka keistimewaan ini, yang sering dibahasakan dengan istilah Ijaz, sudah menjadi fokus pembahasan sejak periode paling dini dalam penafsiran al-Quran. Buku Al-Quran yang Menakjubkan ini menghimpun aneka pembahasan seputar Ijaz seperti yang terekam dalam pembahasan para mufasir dari periode klasik hingga modern. Di dalamnya kita menemukan nama-nama seperti ar-Rumani, al-Khathabi, as-Suyuthi, Bint asy-Syathi, hingga Sayyid Quthb.

Uniknya, aneka karangan terpilih dari para mufasir yang terdapat dalam buku ini dikompilasi oleh seorang sarjana Katolik yang tak bisa menyembunyikan keterpukauannya terhadap pesona al-Quran. Jika kita ingin tahu lebih dalam keistimewaan kitab suci al-Quran, buku ini dapat dijadikan rujukan yang tepat, di samping banyak informasi lain yang tentu saja sangat berguna bagi siapa saja yang ingin kenal lebih dekat dengan al-Quran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *