Arus Balik Kekuasaan Pusat ke Daerah

Penentu global menempatkan isu demokratisasi dalam pemerintahan, menempatkan rakyat pada kedudukan yang penting dan strategis. Tugas pemerintah pada hakikatnya adalah pelayan masyarakat. Modernisasi dunia yang menglobal dan mencakup berbagai aspek kehidupan masyarkat secara universal mempunyai implikasi terhadap kompleksitas permasalahan kehidupan masyarakat, sekaligus menjadi tnatangan pemerintah.

ARUS BALIK KEKUASAAN PUSAT KE DAERAH, mengartikan desentralisasi sebagai penyerahan wewenang pemerintah oleh Peme-rintah kepada Daerah Otonom dalam rangka persatuan. Skala prioritas tujuan desentralisasi membawa konsekuensi terhadap struktur dan proses pemerintah daerah, sebaliknya konsekuensi persamaan pada karak-teristik struktur dan proses pemerintahan daerarh menurut undang-undang pemerintahan.

Sebagai pamong praja yang cukup lama berkiprah di dunia pemerintahan daerah, mempunyai dasar pengetahuan yang cukup luas, sebagai praktisi publik, penulis mampu mengulas perkembangan, kondisi dan tantangan yang dihadapi pemerintahan daerah di Indonesia.