DISKURSUS

DISKURSUS

The Discourses (Diskursus) merupakan testamen politik Machiavelli yang paling lengkap, yakni kecintaan fundamentalnya terhadap republik.

Diskursus memuat gagasan politik Machiavelli tentang negara yang ideal, yaitu republik. Melalui serangkaian penuturan tentang sejarah Romawi awal, dia memperlihatkan bagaimana kewarganegaraan dapat bekerja untuk mempertahankan kebebasan, bahkan saat menghadapi persengketaan sipil. Dalam pandangan Machiavelli, keberhasilan negara itu dikarenakan mampu mengubah dirinya menjadi republik.

Dia membandingkan kebajikan masyarakat pagan perihal kewarganegaraan dengan standar pribadi dan religius Kristiani: ketika negara dalam bahaya, warga negara yang baik harus berbakti atas nama moralitas tertinggi. Menurutnya, sebuah republik menjadi benteng terkuat kebebasan hanya jika masyarakat memperjuang- kan kebajikan kewarganegaraannya. Wasiat politik Machiavelli ini niscaya menyodorkan ilham dan wawasan yang berharga bagi akademisi dan praktisi politik, ataupun masyarakat umum yang punya perhatian pada masalah politik kenegaraan.

Close Menu