Gerakan Komunis di Hindia Belanda

Gerakan Komunis di Hindia Belanda

Narasi tentang pergerakan kaum komunis di Indonesia, terutama sejak awal kemunculannya, telah banyak dipublikasikan dari berbagai perspektif dan penulis. Pergolakan semangat nasionalisme pada awal abad ke 20 dan pemberontakan pertama kaum komunis 1926/27 di Hindia Belanda begitu menarik para penulis sejarah untuk menelisiknya.

Tidak terkecuali oleh Petrus Blumberger, seorang pejabat di pemerintahan Hindia Belanda bidang sosial politik. Berbekal pengalamannya sebagai jurnalis sebelum bekerja di pemerintahan dan semangatnya, ia menjadi peletak batu pertama yang menuliskan awal pergerakan kaum komunis di Hindia Belanda. Buku ini menjadi pijakan awal bagi pemerintah kolonial mempelajari lebih dalam gerakan yang mengancam kekuasaan mereka atas tanah jajahannya.

Buku ini dipublikasikan pertama kali 1928 dan cetakan keduanya dipublikasikan pada 1935. Buku Blumberger tentang pergerakan awal komunisme ini, hingga saat ini masih menjadi topik yang menarik untuk dibaca dan dijadikan rujukan. Tentu saja dengan nalar dan sikap yang tetap kritis.

Close Menu