GERAKAN SOSIAL ISLAM; Teori, Pendekatan dan Teori Kasus (Cover Baru)

GERAKAN SOSIAL ISLAM; Teori, Pendekatan dan Teori Kasus (Cover Baru)

Buku ini akan berpengaruh besar pada dua wilayah penelitian yang makin penting belakangan ini: teori gerakan sosial dan kajian tentang gerakan-gerakan aktivis islam.”
– John Voll, Georgetown University.
——–
Buku ini adalah upaya pertama yang secara lengkap menganalisis aktivisme Islam dengan pendekatan teori gerakan sosial (social movement theory). Secara keseluruhan, artikel-artikel dalam buku ini melihat bahwa dinamika, proses, dan organisasi aktivisme Islam dapat dilihat sebagai unsur-unsur penting pertarungan politik yang mengatasi kekhususan “Islam” sebagai sebuah sistem makna dan identitas dan sebagai basis aksi kolektif.

Didasarkan atas penelitian lapangan mereka yang kaya dan mendalam, para kontributor menunjukkan bagaimana teori gerakan sosial dapat dimanfaatkan untuk menjawab banyak pertanyaan seputar mobilisasi ketidakpuasan untuk mendukung cita-cita gerakan Islam.

Buku ini mencakup beragam contoh kasus aktivisme Islam (Sunni dan Syi’ah) di delapan negara (Arab dan non-Arab), termasuk beberapa studi kasus mengenai penggunaan cara-cara kekerasan atas nama Islam, jaringan dan aliansi organisasi Islam, dan pemanfaatan sumber-sumber budaya serta pembingkaian Islam dalam gerakan sosial.

Quintan Wiktorowizs adalah Asisten Profesor bidang Kajian Internasional pada Rhodes College di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Di antara karya-karyanya adalah: The Management of Islamic Activism dan Global Jihad: Understanding September 11.

Close Menu