GOD, MAN, AND NATURE: Perspektif Toshihiko Izutsu tentang Relasi Tuhan, Manusia, dan Alam dalam al-Qur’an

GOD, MAN, AND NATURE: Perspektif Toshihiko Izutsu tentang Relasi Tuhan, Manusia, dan Alam dalam al-Qur’an
“Buku ini sangat menarik karena mampu menjelaskan konsep al-Qur’an tentang relasi antara Tuhan, manusia, dan alam secara konkret. Teologi, kosmologi, dan antropologi itu sesungguhnya menyatu dalam pandangan tauhid yang aktual dan dapat disatukan dalam usaha membentuk peradaban tinggi.”
– Prof. Dr. Musa Asy’arie, Filsuf Muslim Indonesia dan Guru Besar UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
“Kajiannya terhadap Toshihiko Izutsu ini merupakan bentuk penghargaan Ahmad Sahidah terhadap warisan ilmiah studi keislaman Asia, yang masih jarang dikembangkan. Buku ini sekaligus merupakan sumbangan Toshihiko Izutsu dan Ahmad Sahidah sendiri dalam studi al-Qur’an khususnya, dan studi Islam Asia, atau studi Islam umumnya.”
– Dr. Moch Nur Ichwan, M.A., Wakil Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.”Ahmad Sahidah, dalam buku ini, mengkaji pendekatan semantik Toshihiko Izutsu untuk menggambarkan relasi manusia, Tuhan, dan alam. Dari tangan Ahmad Sahidah, kita menjadi paham bahwa sesuatu yang dilakukan oleh Toshihiko Izutsu telah memberikan pijakan yang teguh mengenai pandangan dunia al-Qur’an. Pekerjaan kita selanjutnya ialah melakukan kontekstualisasi atas pesan dan pandangan dunia al-Qur’an tersebut dalam kehidupan kekinian yang terus bergerak.”
– Dr. Islah Gusmian, M.Ag., Dosen Ilmu al-Qur’an dan Tafsir IAIN Surakarta.

Close Menu