Hayy bin Yaqdzon : Manusia dalam Asuhan Rusa

Seorang anak ditinggalkan sendirian di suatu pulau. Seekor rusa menemukan anak itu, merawat dan membesarkan–menggantikan anaknya yang hilang. Bersejajar dengan usianya yang semakin dewasa, timbul keinginannya yang luar biasa untuk mengetahui dan menyelidiki suaut yang tidak dimengertinya. Dari sinilah pencarian kebenaran sang anak terus berlangsung, sampai akhirnya rusa yang merawatnya mati. Sanggupkah ia melanjutkan hidup setelah rusa itu tiada?

Novel ini menyuguhkan intisari kehidupan manusia. Sebgao bagian ari alam semesta, manusia terus menerus mencari hakikat hidupnya hingga kebenaran yang tak tergoyahkan hakikat bidupnya hingga kebenaran yang tak tergoyahkan bisa didapatkan.

Novel karya Ibn Tufail ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa seperti bahasa Latin, Yahudi, Ingris, Belanda, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Rusia. Sebagai novel filosofi, novel ini telah menggoncangkan dunia Barat pada Abad pertengahan.

Pemikir Ibn Tufail pun kemudian banyak dioper oleh filsut-filsuf Barat. Oleh karena itu, di tengah dunia yang tengah geger ini, karya klasik Ibn Tufail ini sangat layak untuk dibaca.