Categories
Filsafat & Agama

ILMU PENGETAHUAN: Sebuah Tinjauan Filosofis

Fokus pembicaraan dalam buku ini adalah masalah metode ilmu pengetahuan, hubungan antara ilmu pengetahuan dan masyarakat, antara ilmu pengetahuan dan life-world, antara ilmu pengetahuan dan politik. Dibahas juga bagaimana harus membangun ilmu pengetahuan dalam masyarakat serta apakah ilmu pengetahuan bebas nilai atau tidak. Harapannya, buku ini menjadi sarana agar orang semakin kritis dalam sikap ilmiahnya:sikap tidak mudah percaya, sikap tidak mau menerima begitu saja berbagai teori, pendapat, atau pandangan dari mana saja, termasuk pandangan dan pendapatnya sendiri. atauSelain berguna bagi calon ilmuwan yang hendak melakukan penelitian ilmiah, buku ini juga bermanfaat bagi siapa saja yang ingin :
(a) mampu melihat suatu fakta atau peristiwa sebagai sebuah masalah ilmiah,
(b) mampu membuat analisis atas peristiwa tersebut dan kemudian memberi penjelasan atasnya dalam hubungan sebab-akibat dengan peristiwa lainnya,
(c) mampu mengajukan pemecahan atas atas peristiwa yang menjadi masalah tersebut,
(d) mampu membuat prediksi atau ramalan tentang berbagai kemungkinan yang akan timbul berkaitan dengan peristiwa tersebut serta solusi yang telah diajukan. Ini sebuah kemampuan yang perlu dilatih terus menerus.