Islam di Amerika

Pada dasarnya, masyarakat Amerika adalah masyarakat penganut agama dan Islam menjadi salah satu agama yang paling diminati berdam-pingan dengan Kristen dan Yahudi.

Dalam beberapa tahun terakhir, agama yang satu ini melaju ke permukaan dengan pesat dan menjadi fenomena paling menarik untuk dicermati, terlebih banyak masyarakat dunia terkejut dengan fakta-fakta yang menunjukkan bahwa Islam dapat berkembang dengan baik di Amerika. Saya mencatat, sudah ratusan kajian dari berbagai tinjauan di beberapa universitas di Amerika yang menjadikan Islam dan umat Islam sebagai tema utama. Buku karya Jane I. Smith ini merupakan salah satu kajian yang menjelaskan tumbuh dan berkembangnya Islam di negara sekuler Amerika.

Dan Smith ini menurut saya sedikit banyak meyakinkan khalayak bahwa perkiraan Islam akan menjadi agama terbesar kedua setelah Kristen di negeri Uncle Sam, akan menjadi kenyataan. Sebab dari data sementara, perkembangan dan geliat umat Islam ternyata mendahului Yahudi yang sebelumnya menjadi agama agama kedua di Amerika. Terlebih arus imigrasi Muslim dari lima benua, terutama dari Timur Tengah dan Asia, sejak dua puluh tahun terakhir memang pesat sekali.

– Alwi Shihab.