Jenis Dan Macam Motif Batik Asal Daerah Nusantara

Jenis Dan Macam Motif Batik Asal Daerah Nusantara – Batik merupakan sebuah mahakarya dari Indonesia yang sudah mendunia yang mana kain batik adalah sebuah karya seni jawa yang menerapkan pelukisan menggunakan malam. Batik Indonesia adalah salah satu sebagai budaya yang sudah ditetapkan dengan UNESCO sebagai salah satu warisan pada kemanusiaan hanya untuk budaya lisan maupun nonbendawi. Hal ini telah ditetapkan sejak 2 Oktober 2009, maka dari itu setiap tanggal 2 Oktober menjadi momen peringatan hari batik nasional di Indonesia.

Apakah anda tahu tentang Jenis dan Macam Motif Batik Asal Daerah Di Indonesia? Jika anda belum mengetahuinya mari simak bersama kami selengkapnya pada ulasan artikel berikut ini.

Motif Batik Sogan Asal Solo

Batik ini didominasi dengan warna cokelat muda dan memiliki motif khas seperti bunga dengan aksen titik-titik atau lengkungan garis. Dulunya batik ini digunakan oleh raja-raja di Jawa khususnya di keraton kesultanan Solo. Namun saat ini batik ini bisa dipakai oleh siapa saja baik warga keraton atau orang biasa.

Baca Juga : Kesenian Batik Di Nusantara

Motif Batik Keraton Asal Yogyakarta

Batik keraton ini melambangkan kearifan, kebjikasanaan dan juga kharisma raja-raja Jawa. Zaman dulu, batik ini hanya boleh digunakan warga keraton saja, namun saat ini siapa saja boleh menggunakannya. Batik keraton ini memiliki ciri-ciri yaitu motif bunga yang simetris atau saya burung yang dikenal sebagai motif sawat lar. Batik ini bisa dibilang paling banyak dipakai baik itu oleh orang Indonesia atau orang luar negeri.

Baca Juga : Lebih Jauh Mengenal Tentang Batik Pesisir

Motif Batik Sidoluhur Asal Yogyakarta

Motif batik ini mempunyai makna keluhuran. Orang Jawa beranggapan bahwa tujuan hidup adalah untuk mencapai keluhuran materi dan non materi. Motif ini juga mempunyai makna bahwa orang tidak hidup untuk dirinya sendiri, namun dia juga hidup untuk keluarga, lingkungan, masyarakat dan tuhan yang menciptakannya.

Baca Juga : Mengenal Tentang Batik Keraton

Motif Batik Sido Mukti Asal Surakarta

Motif ini mempunyai makna tingkat kehidupan yang selalu didambakan oleh banyak orang Jawa. Mukti berarti kemakmuran, baik itu hidup makmur di dunia maupun di akhirat. Dalam pencapaian untuk kesana pun harus dengan kerja keras, keluhuran budi, kebenaran ucapan dan tindakan.

Sementara itu ulasan tentang Jenis Dan Macam Motif Batik Asal Daerah Nusantara dari kami. Jika anda ingin membuat batik seragam jangan lupa untuk memesannya di jasa cetak batik juraganbatik.net. Di Juragan Batik anda dapat memilih berbagai jenis kain batik dengan berbagai motif yang bagus. Anda juga dapat pesan batik motif sendiri sesuai dengan selera di Juragan batik.