KALAM JADID: Pendekatan Baru dalam Isu-Isu Agama

KALAM JADID: Pendekatan Baru dalam Isu-Isu Agama

Pembahasan-pembahasan yang diketengahkan dalam buku ini, dewasa ini pada umumnya terhimpun dalam kumpulan-kumpulan pembahasan dengan tema Filsafat Agama. Tema-tema yang dimaksud di antaranya; asal-usul agama, pembuktian eksistensi Tuhan, kebutuhan manusia terhadap agama, masalah keburukan, pengalaman religius, bahasa agama, akal dan wahyu, agama dan akhlak, dan pluralisme agama.

Apa yang dimaksud dengan “Kalam Jadid” dan apa yang orang-orang Barat namakan sebagai “Filsafat Agama”, lebih banyak digunakan dengan makna perenungan rasional dan filosofis tentang agama. Ilmu ini selain mengkaji ulang sebagian masalah-masalah klasik seperti wahyu dan dalil pembuktian Tuhan, juga mengkaji masalah-masalah baru seperti berbagai pandangan tentang sebab-sebab kemunculan agama, makna agama dari periode klasik hingga kontemporer, problem keburukan, dan lainnya, baik dari pemikir Muslim dan Timur, maupun Barat.

Didesain guna memberikan perspektif yang komprehensif mengenai tema-tema yang dibahas dalam Kalam Jadid, buku ini mengajak anda berpikir dan berdiskusi tentang masalah-masalah dalam agama. Dalam buku ini anda akan ditanya dan ditantang untuk menjawab berbagai problem keagamaan, namun tenang, dalam buku ini juga, anda dapat menemukan jawabannya. Selamat membaca!
***
“Buku ini adalah karya pertama dalam bahasa Indonesia yang membahas isu-isu teologi kontemporer dengan pendekatan yang lebih sesuai dengan problem dan tantangan yang dihadapi, yakni penggunaan argumen rasional yang terdedah secara sistematis.”
– Dr. Husein Heriyanto, Dosen Kalam Jadid STFI Sadra

Close Menu