Kitab Makhluk-Makhluk Khayali

Kitab Makhluk-Makhluk Khayali

Ada semacam kesenangan tertentu yang bisa diperoleh dari khazanah pengetahuan yang aneh dan tak mengandung kegunaan praktis. Penyusunan dan penerjemahan buku ini melimpahi kita dengan kesenangan semacam itu.

Judul buku ini memberikan pembenaran untuk memasukkan Pangeran Hamlet, titik, garis, permukaan, hiper-bidang (hyperplanes), dan hiper-volume (hypervolume), semua istilah generik dan mungkin masing-masing dari diri kita dan sang dewa utama. Ringkasnya, keseluruhan dan segala sesuatu–alam semesta. Namun, kami membatasi diri pada apa yang disarankan oleh kata-kata “makhluk-makhluk khayali” (imaginary beings). Kami menyusun sebuah buku panduan tentang makhluk-makhluk aneh yang dimengerti melalui ruang dan waktu oleh imajinasi manusia.

Kita tidak tahu, misal, tentang makna naga sebagaimana kita juga tidak tahu tentang makna alam semesta, tetapi ada sesuatu dalam citra naga yang bersesuaian dengan imajinasi manusia, dan inilah yang menyebabkan munculnya naga di berbagai tempat dan periode.

Kitab Makhluk-Makhluk Khayali ini tidak dimaksudkan untuk dibaca secara urut. Kami justru ingin pembaca menyelami halaman-halaman ini secara acak, sebagaimana ketika orang bermain-main dengan pola-pola yang selalu bergeser dalam kaleidoskop.
– Jorge Luis Borges

Close Menu