MADEMOISELLE FIFI: Kumpulan Cerita Pendek

MADEMOISELLE FIFI: Kumpulan Cerita Pendek

Guy de Maupassant (1850-1893) telah menulis sekitar 300 cerita pendek yang diterbitkan antara lain dalam kumpulan yang diberi judul La Maison Tellier (1881), Mademoiselle Fifi (1882), les Contes de la Becasse, Miss Harriet (1884). Banyak cerita pendeknya yang diterjemahkan ke berbagai bahasa di seluruh dunia.

Sebagai cerita penek dalam buku ini diambil dari kumpulan yang berjudul Boule de Suif (1880) terbitan terbaru yang juga mencantumkan antara lain cerpen Mademoiselle Fifi yang dijadikan judul kumpulan cerpen ini. Kekhasan Maupassant adalah kemampuan mengangkat masalah manusia yang sederhana menjadi menarik dan enak dibaca. Dalam kumpulan cerpen ini dapat dibaca selain kisah sederhana tentang kumis yang dikaitkan dengan kebanggaan menjadi orang Prancis, juga kisah-kisah yang mengungkapkan persahabatan, percintaan, kelemahan-kelemahan manusia, antara lain: pendendam, senang melihat penderitaan orang lain. Di samping itu, dalam Mademoiselle Fifi<>Tempat Timur no. 29 diceritakan partisipasi wanita tuna susila dalam perjuangan melawan musuh Negara, Cerpen Kalung, yang telah beberapa kali diterjemahkan ke dalam bahasa Indoensia, mengisahkan nasib mengharukan dari seorang isteri pegawai negeri masa itu.

Setelah membaca cerita pendek Guy de Maupassant, sering kita terhenyak atau merenung, terkadang tertawa menertawakan kelemahan manusia.

Close Menu