MADZHAB SUFI

Sufisme, sebutan untuk mistisisme Islam, telah banyak dipelajari orang, tetapi mengabaikan aspek organisasi dan semangat sufi. Penulis mengklaim bahwa ada kesan menyesatkan dari mistisisme Islam yang tersampaikan, jika secara ekslusif didasarkan pada tulisan para penyair dan theosofi melulu, padahal mistisisme adalah suatu disiplin spritual praktis yang didasarkan wawasan-wawasan yang diterangi oleh pencahari kebenaran.

Buku ini membahas orde-orde sufi dalam konteks masyarakat Islam. Ia menunjukkan bagaimana orde-orde sufi berkembang dan berubah, mencari hubungan madzhab-madzab sufi dengan pemikiran-pemikiran mistik yang terhampar dan tersebar, dan melukiskan secara tajam detail praktek-praktek ritual dan seremonial mereka. Secara umum, penulis menunjukkan pengaruh madzhab sufi terhadap masyarakat Islam. Sampai saat ini, buku ini merupakan kajian literatur yang tak boleh ditinggalkan dalam pengkajian sufisme.

J. Spencer Trimingham, penulis buku ini, adalah Guru Besar Near East School of Theosophy di Beirut, Libanon. Dia telah menulis buku-buku A History of Islam in West Africa; Islam in West Africa.