PENGANTAR SEMIOTIKA : Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer – Arthur Asa Berger

PENGANTAR SEMIOTIKA : Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer – Arthur Asa Berger

Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa mencari tahu makna-makna dari simbol dan status, membicarakan ‘kesan-kesan’, membaca buku atau majalah yang mengulas tentang ‘bahasa tubuh’. Kegiatan-kegiatan itu menunjukkan bahwa pada dasarnya kita terbiasa menjadi praktisi semiotika, sekalipun kita mungkin tidak memahami hal-hal teknis di bidang semiotika. Kita mempraktikkan semiotika pada tataran yang mungkin masih dangkal, kurang sistematis, kurang disadari, dan belum terbimbing.

Semiotika adalah ilmu tentang ‘tanda-tanda’. Sebagai suatu pengantar menuju dunia semiotika, buku ini merupakan penjelasan personal, bahkan mungkin ideosinkresi, tentang semiotika dan teori semiologis, serta penerapan teori-teori ini pada media massa, budaya populer, seni, dan budaya pada umumnya.

Di dalam buku ini, anda akan mendapati diskusi yang menarik tentang topik-topik berikut: komik, fiksi detektif, humor, aliran formulasi, periklanan, olahraga, fotografi, program televisi, kartun, artifak, video games, legenda, film, dan simbol-simbol perusahaan. Setiap bahasan tersebut memuat bagian teoritik dan aplikatif sehingga diharapkan memotivasi pembaca untuk menyelami dunia semiotik.

Close Menu