SETAN MERAH ; Muslihat Internationale Tan Malaka

”’Setan Merah”’ Muslihat Internationale Tan Malaka Novel Peter Dantovski merupakan sebuah novel yang mencoba menggugat, sekaligus sebagai sebuah upaya alternatif, sejarah mengenai peran, posisi dan ideologi seorang Tan Malaka yang cukup melegenda. Tan Malaka merupakan nama yang hidup hingga hari ini dan menjadi salah satu tokoh yang sering disebut oleh aktivis-aktivis mahasiswa ”’kiri”’ atau ”’merah”’.

Di dalam novel ini, Peter Dantovski membongkar mitos yang hidup di seputar perjalanan dan perikehidupan sosok yang menjadi ikon perlawanan dan pergerakan kaum muda. Bahkan di dalam novel ini, semangat juang Tan Malaka juga hidup dan menjadi bagian dari ideologi organisasi yang dijadikan sentral dalam novel ini. Tan Malaka kemudian dikupas, ditafsir dan dibaca kembali lewat dialog-dialog dan diskusi para tokoh yang dihadirkan layaknya diskusi para intelektual muda atau aktivis pergerakan mahasiswa.

Upaya penafsiran dan gugatan yang dihadirkan dalam konteks kini yang menyebabkan Tan Malaka adalah sosok yang diperbincangkan oleh tokoh dalam sebuah novel yang sarat dengan semangat ideologis tentu memiliki banyak tantangan. Seperti halnya di dalam novel ini, kita seperti membaca sebuah esai panjang yang dihadirkan oleh tokoh-tokoh (yang nyaris) sama pintarnya.

Membaca novel ini membutuhkan kesabaran, namun kita bisa menemukan banyak tambahan referensial dan hal-hal yang barangkali tak pernah terbayangkan dalams ejarah an-sich. Penulis novel ”’Setan Merah”’ Muslihat Internationale Tan Malaka, Peter Dantovski mengakui bahwa novel ini adalah sebuah refleksi atas situasi dan kondisi NKRI hari ini. Sebagai seorang pancasilais, penulis melihat Tan Malaka memiliki peran yang sangat sentral dalam menghancurkan cita-cita dan janji proklamasi.