SIGNIFIKANSI KARYA SUHRAWARDI; Seri Pengantar Tasawuf

SIGNIFIKANSI KARYA SUHRAWARDI; Seri Pengantar Tasawuf

Sejarah filsafat Islam mengusung representasi yang baik sekali tentang bagaimana kebijakan ilahi mewujud sendiri dalam beragam kecenderungan intelektual. Keberagaman persoalan intelaktual dalam Islam merentang dari filsafat rasional kaum Peripatetik danintuisi intelktual ‘illuminasi’ atau pewahyuan sampai asketisme dan Jalan Sufi. Dan, hanya Syihab ad-Din Suhrawardi lah yang telah berani menyusun beragam mazhab pemikiran ini ke dalam paradima filosofis yang terpadu. Risalah pertama buku kecil ini akan membahas signifikansi karya-karya Syekh al-Isyraq dalam filsafat iluminasi.

Adapun, risalah kedua mengkaji pemikiran Abu Najib Suhrawardi tentang Adab, Ahwal dan Maqamat, dalam kitab sufistiknya yang paling populer hingga sekarang, Adab al Muridin, sebuah karya yang dalam beberapa segi sebanding dengan al-Kasyf al-Mahjub ‘Ali Hujwiri, serta berisi doktrin dan ajaran ketat tentang adab sufi.

Dua risalah ilmiah yang sangat menarik dan menyegarkan, karena membahas dua genre pemikiran (gagasan) utama dari dua genre Suhrawardi.

Close Menu