SNOUCK HURGRONJE DAN ISLAM

Prof. Dr. Snouck Hurgronje selama ini merupakan tokoh yang sangat kontroversial; Disanjung dipuja sebagai sarjana tentang Islam yang cemerlang, tetapi juga dicaci maki sebagai ahli muslihat yang hendak menghancurkan Islam dari dalam dengan berpura-pura masuk Islam. Betapapun diakui oleh semua pihak bahwa pemerintah Belanda harus mempunyai garis kebijakan tentang Islam di daerah jajahannya yang bernama Hindia Belanda (yang kemudian menjadi republik Indonesia) setelah Snouck Hurgronje menjadi penaseht pemerintah dalm hal-hal yang bertalian dengan Islam.

Selama ini di negeri Belanda Snouck Hurgronje selalu dibicarakan dengan khdmat. Para sarjana ketimuran seakan-akan menghindar dengan sengaja dari membahas segi-segi Snouck Hurgronje yang menimbulkan tanda tanya. Dia seakan-akan telah menjadi mitos yang tak boleh diganggu gugat.

Tetapi seorang sarjana ahli bahasa Arab dan ke-Islaman dari almamater Snouck Hurgronje sendiri, Universitas Kerajaan Leiden, yaitu Dr. P.S. van Koningsveld dengan berani dan jujur mencoba mengorek segi-segi Snouck Hurgronje yang digelapkan, sehingga ia mendapat reaksi yang sangat hebat dari para pengagum Snouck Hurgronje.

Dalam buku Snouck Hurgronje dan Islam ini, penulis mengumpulkan tulisan-tulisannya yang bertalian dengan tokoh kontroversial itu, sehingga para pembaca akan mendapat gambaran yang lebih menyeluruh.

Adakah Snouck Hurgronje itu seorang sarjana piawai, ataukah hanya seorang pegawai pemerintah kolonial yang hendak melestarikan penjajahan orang Kristen terhadap kaum Muslimin Indonesia? Adakah ia seorang “mufti Betawi” yang tulus, ataukah seorang palsu yang berdarah dingin yang memeprgunakan ilmu pengetahuan sebagai alat penjajah?