Categories
Filsafat & Agama

TEORI SEMIOTIKA : Signifikansi, Komunikasi, Teori Kode, Serta Teori Produksi Tanda

Buku ini bermaksud menggali kemungkinan teoritis suatu pendekatan terpadu terhadap setiap fenomena signifikasi dan atau komunikasi yang berlangsung antarmanusia. Lebih penting lagi, dia juga ingin menelisik fungsi-fungsi sosial seperti apa yang bisa dimainkan pendekatan tersebut.
Ketika manusia tak bisa lepas dari jejaring tanda, yang diperlukan bukan hanya sekedar kemampuan untuk memahami, karena pemahaman yang tidak didasarkan pada pemetaan sistem dan cara kerja hubungan kode-kode yang melandasi setiap fungsi-tanda akan tersasar ke tengah labirin pemahaman subjektif.

Itulah sebabnya mengapa setelah membahas teori kode, buku ini menjelaskan teori produksi-tanda yang menyoroti berbagai fenomena semisal pemakaian bahasa sehari-hari, evolusi-kode, komunikasi-estetis, berbagai jenis perilaku komunikasi-interaktif, pemakaian tanda untuk menyebutkan suatu benda atau keadaan sampai dengan rahasia semiotis yang ada dibalik ideologi.

Teori kode dan teori produksi-tanda inilah yang menjadi unsur utama pendekatan terpadu yang akan ditawarkan buku teori semiotika karya Umberto Eco kepada anda. Karena di dalam buku ini akan mengupas tentang signifikasi dan komunikasi, teori kode, teori produksi-tanda dan juga termasuk mengupas tentang subjek dari semiotika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *