Teori-Teori Holistik (Organismik Fenomenologis) Psikologi Kepribadian 2 – Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey

Teori-Teori Holistik (Organismik Fenomenologis) Psikologi Kepribadian 2 – Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey

Dalam kehidupan sehari-hari,pengetahuan yang kita peroleh dari pengalaman kita dengan diri kita sendiri seringkali tidak memadai untuk memahami tingkah laku orang lain.Yang lazim terjadi adalah bahwa seorang suami bersalah paham dengan isterinya,

seorang manajer perusahaan merasa terpojok menghadapi tuntutan akan perlakuan adil yang terus meningkat dari para karyawannya,para pendidik dan aparat keamanan merasa kewalahan menghadapi peristiwa-peristiwa perkelahian antar kelompok siswa sekolah menengah,dan sebagainya.

Memang, dalam banyak segi setiap orang adalah tidak seperti seorang lain pun. Setiap orang adalah unik, termasuk diri kita sendiri, kita butuh mengenal teori-teori kepribadian sebagai kerangka acuan.

Seri buku Psikologi kepribadian (Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey, 1978) yang terdidi dari tiga jilid ini menyajikan secara komprehensif sejumlah teori kepribadian yang bersifat global atau menyeluruh. Dalam tingkat kelengkapan yang berlainan, teori-teori itu menguraikan pandangannya tentang apa itu kepribadian seseorang, apa yang menentukan dinamikanya,

pertumbuhan dan perkembangan yang dialami setiap orang sejak masa bayi sampai mencapai kemasakan, apa itu psikopatologi, bagaimana aneka bentuk psikopatologi berkembang, dan bagaimana membantu seseorang mengubah atau, menghilangkan bentuk-bentuk tingkah lakunya yang mengganggu atau menyimpang.

Pandangan Freud, Maslow, Rogers, B. F. Skinner dan para tokoh lain tentang soal-soal di atas yang mungkin baru sedikit kita ketahui, dipaparkan secara cukup utuh dalam seri buku ini, termasuk sekadar riwayat hidup mereka dan penelitian-penelitian khas yang mereka lakukan.

Leave a Reply

Close Menu