Teori-Teori Kepribadian: Psikoanalitik Kontemporer.Jilid 1 – Yustinus Semiun

Teori-Teori Kepribadian: Psikoanalitik Kontemporer.Jilid 1 – Yustinus Semiun

Buku ini mengemukakan faktor-faktor internal manusia yang dilihat sebagai penyebab terjadinya tingkah laku manusia. Penjelasan tentang tingkah laku manusia hanya terbatas pada beberapa pandangan psikologis dari beberapa pelopor teori yang secara kolektif disatukan dalam suatu kelompok pandangan yang diberi judul Teori-teori Kepribadian Psikoanalitik
Kontemporer.

Istilah psikoanalisis kontemporer menunjukkan bahwa pandangan dari para pelopor teori ini berbeda dari pandangan psikoanalisis klasik/ortodoks dengan Sigmund Freud sebagai pelopornya. Para psikoanalis kontemporer menerima banyak ide Freud, tetapi mereka tidak menekankan peranan penting id melainkan ego yang sadar dan kreatif, serta pandangan tentang ego yang lebih positif.

Walaupun pandangan para teoretikus ini menyimpang dari pandangan Freud, namun pandangan di antara mereka juga tidak sama dalam berbagai cara. Dalam buku ini, biografi para pelopor teori diuraikan mendalam agar para pembaca bisa memahami secara jelas pandangan teoretikus yang pada dasarnya diwarnai oleh latar belakang kehidupannya pada masa lampau.

Leave a Reply

Close Menu