The Varieties of Religious Experience Pengalaman-Pengalaman Religius

The Varieties of Religious Experience Pengalaman-Pengalaman Religius

Salah seorang filsuf Amerika terbesar, William James, sangat jenius dalam menggunakan ungkapan-ungkapan yang konkret dan hidup. Ia dapat membuat teori-reori yang sulit dipahami menjadi jelas dan nyata.

The Varieties of Religious Experience adalah salah satu dari karya-karyanya yang paling brilian. Dalam karya klasik mengenai psikologi impuls religius ini, William James mempelajari fenomena religius seperti konversi, pertobatan, mistisisme, orang suci, harapan akan ganjaran, dan ketakutan akan hukuman. Ia menyajikan argumen-argumennya dengan berani, simpatik, dan berdasarkan alur berpikir ilmiah.

Seperti dinyatakan oleh Jacques Barzun, seorang cendekiawan terkemuka, dalam pengantar buku ini, Pembaca The Varieties tidak akan menemukan William James sebagai sosok ilmuwan ‘konvensional’ yang menggunakan fakta-fakta fisiologi dan psikologi untuk menjelaskan fakta-fakta kehidupan religius… Sebagai seseorang yang mempelajari agama, ia memperlihatkan pelbagai pengalaman yang ditemuinya dengan mengelompokkan, membandingkan, dan menganalisisnya. Kategori-kategorinya menjadi standar dalam kajian agama dan didiskusikan secara luas.

Hasilnya adalah sebuah buku yang menjadi daya hidup literatur tentang agama.

Close Menu