Categories
Filsafat & Agama

YAHUDI, TUHAN, DAN SEJARAH ; Sejarah Panjang Bangsa Yahudi dari Abad 20 SM hingga 20 M

Bersama buku “Sejarah Tuhan” dan “Yerussalem” karya Karen Armstrong, buku babon Max I. Dimont ini merupakan hasil riset mendalam perjalanan umat Yahudi selama 4.000 tahun, terkhusus tentang bagaimana bangsa Yahudi bisa hidup terus sampai hari ini dan mempengaruhi peradaban dunia. Bayangkan seberapa betapa panjang perjalanan mereka yang merentang mulai dari abad 20 SM hingga 20 M. Wajarlah buku ini mejadi salah satu karya penting yang paling banyak dikutip oleh para sarjana dunia tentang bangsa Yahudi.

Untuk menceritakan kelangsungan hidup bangsa Yahudi selama 4.000 tahun, di empat benua dan di enam peradaban besar, buku ini menggunakan metode baru. Buku ini menyajikan sejarah umum masing-masing peadaban, lalu menganalisis peristiwa Yahudi dalam kerangka budaya lain, kemudian menguji gagasan-gagasan unik yang memungkinkan mereka mampu bertahan sebagai kelompok bangsa dan memberi mereka vitalitas untuk melanjutkan eksistensi mereka sebagai sebuah kaum penghasil budaya.

Dengan demikian, sejarah Yahudi menjadi bagian dari sejarah dunia, dan pembaca akan dapat menghubungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada orang-orang Yahudi dengan peristiwa-peristiwa kontemporer.